Resep Sup Ikan Tenggiri Sedap Gurih

Resep Sup Ikan Tenggiri Sedap Gurih - Tenggiri di olah menjadi sup dengan cara membuat yang sederhana sangat mudah rasa enak . Di musim penghujan dengan udara yang lumayan dingin ini tentu nya sangat nikmat jika menikmati makanan yang hangat , Seperti Sup ikan Tenggiri ini lah menu makanan yang harus di santap . Apalagi sangat mudah di buat dan kaya akan gizi , jadi buruan aja deh yuk mari kita membuat resep masakan yang sangat sehat ini .

Resep sup ikan tenggiri

Bahan sup ikan tenggiri :
  • 500 gram daging ikan tenggiri
  • 2 sdt merica bubuk
  • 2 butir putih telur
  • 500 gram tepung sagu
  • secukupnya garam dan gula
  • air untuk merebus 

Bahan untuk kuah sup tenggiri :
5 siung bawang putih , geprek saja
1 sacet saus tiram
10 lembar daun jeruk nipis
5 batang serai
2,5 liter air bersih
secukupnya minyak kelapa

Bahan pelengkap yang di perlukan :
sambal pedas , bisa cabai rawit , terasi atau bahkan sambal bawang
secukupnya daun seledri , iris sedang

Cara membuat sup ikan tenggiri :
  1. Bersihkan daging dari duri-duri , lalu haluskan daging , merica , gula , dan garam menggunakan blender hingga halus .
  2. Campurkan daging ikan dengan putih telur , dan tepung sagu dalam baskom , aduk aduk hingga menjadi adonan yang mudah di bentuk .
  3. Ambil sedikit adonan , bentuk sesuai selera ( kalau saya persegi panjang ) , letakan persis di atas plastik supaya mudah di ambil ( karna tidak lengket ) . Lakukan cara ini hingga adonan habis .
  4. Panaskan sedikit minyak kelapa dalam wajan , tumis bawang putih hingga berbau harum . Masukan air , saus tiram , serai dan daun jeruk , aduk aduk , tunggu hingga mendidih .
  5. Masukan adonan ikan tenggiri yang sudah di bentuk , tunggu hingga adonan mengapung ( menandakan sudah matang ) , matikan kompor .
  6. Siapkan mangkuk saji , ambil sup ikan tuangkan dalam mangkuk , taburi dengan sedikit daun seledri , Hidangkan bersama sambal yang pedas .

Tentu mudah sekali kan sob , Sup ikan tenggiri ini dapat anda masukan dalam menu resep anda . Resep Sup Ikan Tenggiri ini juga bisa loh di sajikan dalam acara keluarga atau arisan , dan tentu nya sangatlah cocok jika menjadi menu mingguan anda untuk menjaga gizi anak anda . Semoga resep ini dapat bermanfaat bagi sobat semua .


Keterangan resep ini:
Waktu yang di butuhkan : 1 Jam 7 Menit dan Cukup: untuk 5 Porsi ,
Keterangan Kalori : 253 Kalori
Memperoleh bintang : 5 Bintang , dari 122 Ulasan , Updated: 4 September 2013

Resep Sup Ikan Tenggiri Sedap Gurih

ditulis oleh Atika Sakhi